skip to Main Content
08111-222-177 marketing.sigtech@gmail.com
Mengenal Bantalan Jembatan Tipe Laminated Bearing Pad

Mengenal Bantalan Jembatan Tipe Laminated Bearing Pad

Struktur jembatan yang sedang dibangun ternyata sangat kompleks karena mempertimbangkan banyak hal. Selain load kendaraan yang nantinya akan lewat, kondisi tanah atau kontur dari alam juga memengaruhi. Oleh karena itu setiap jembatan selalu memilih yang namanya sambungan siar muai dan bantalan jembatan seperti Laminated Bearing Pad.

Bantalan jembatan yang letaknya di bawah superstruktur ternyata memiliki banyak manfaat. Setiap jembatan khususnya yang besar harus menggunakan bantalan agar mampu menyalurkan beban dari atas dan menghindari adanya kerusakan.

Baca juga : Tips memilih bantalan jembatan

Kalau Anda ingin mengenal lebih jauh tentang bearing pad khususnya Laminated Bearing Pad, simak ulasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Laminated Bearing Pad

Secara umum bantalan yang digunakan untuk menyangga beban dari jembatan dan kendaraan yang ada di atasnya ada dua. Pertama adalah penyangga yang terbuat dari elastomer elastis saja. Kedua ada yang terbuat dari elastomer atau karet biasa, tapi di dalamnya terdapat pelat baja yang sangat keras. Nah, bantalan yang seperti ini disebut Laminated Bearing Pad.

Oh ya, penambahan lempeng logam di dalam elastomer bukan tanpa alasan. Kalau hanya menggunakan elastomer berbentuk kotak saja, ada kemungkinan kendor dan kekuatannya dalam menyalurkan tekanan turun. Bila dibangunkan dengan logam, ada tambahan kekuatan untuk menyalurkan jadi peluang rusak semakin kecil.

Bentuk dari bantalan ini umumnya kotak dan persegi panjang untuk menyesuaikan dengan mega struktur jembatan di atasnya. Bentuk ini juga memudahkan pemasangan atau instalasi saat awal jembatan dibangun.

Spesifikasi Laminated Bearing Pad

Laminated Bearing Pad yang sering digunakan pada jembatan memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Secara umum yang dipakai untuk struktur jembatan besar terdiri dari.

No Spesifikasi Ukuran atau Standar
1 Bahan Baku Karet chloroprene atau karet alami
2 Jumlah Baja yang divulkanisasi 2-5 lempengan
3 Panjang Bantalan 200-800 mm
4 Lebar Bantalan 100-700 mm
5 Tebal Bantalan 28-120 mm
6 Ketebalan Baja 2-5 mm

Penggunaan Laminated Bearing Pad

Bantalan penyangga berlaminasi ini sangat cocok digunakan pada jembatan dengan kriteria di bawah ini.

  • Jembatan yang berada pada kontur dengan kemiringan lebih besar dari 10 derajat. Bantalan akan membuat struktur jadi lebih stabil dan menghindari terjadinya guncangan.
  • Jembatan yang digunakan di selat atau penyambung dua pulau.

Kelebihan Laminated Bearing Pad

Membahas Laminated Bearing Pad tidak akan lengkap kalau belum membahas apa saja kelebihannya. Berikut beberapa kelebihan yang akan didapatkan kalau jembatan menggunakan bantalan jenis Laminated Bearing Pad.

  1. Cocok untuk Beban yang Berat
    Jembatan yang memiliki bantalan besar biasanya memiliki ukuran yang sangat besar dan panjang. Bantalan ini digunakan untuk menyalurkan beban berat yang sangat besar. Kalau jembatan yang kecil atau biasa, beban yang didapatkan tidak akan besar, selain itu masih terbantu dengan struktur yang menempel pada tanah atau tebing yang ada di sekitarnya.Begitu jembatan mendapatkan tekanan yang sangat besar dari atas, bantalan akan ikut menerimanya dan melakukan penyeimbangan. Selain itu bagian logam yang dimasukkan di dalamnya juga membuat bantalan jadi sangat kuat dan tidak mudah rusak. Tanpa bantalan, beban yang sangat kuat serta pergeseran di bagian atas bisa melakukan perusakan struktur.
  2. Melakukan Transfer Beban dengan Baik
    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bantalan jembatan ini banyak digunakan untuk membuat jembatan di sekitar selat atau yang memiliki perairan cukup panjang. Nantinya akan ada pier atau penyangga di bagian bawah berupa beton besar yang berjajar dari ujung daratan ke daratan lain di sebelahnya.Saat mengalami tekanan yang sangat besar, transfer beban akan dilakukan oleh bearing pada. Selanjutnya dilanjutkan ke beberapa struktur penyangga di bawah agar merata. Tanpa adanya transfer yang besar, beban yang akan diterima semakin besar dan tidak bisa dibendung. Dampaknya, struktur jembatan akan mengalami kerusakan.
  3. Memiliki Elastisitas Tinggi
    Mau bagaimana pun meski di dalamnya diberi logam dalam jumlah banyak, kemungkinan besar akan tetap elastis. Artinya tetap memiliki fungsi karet pada umumnya yakni memiliki tarikan dan regangan. Fungsi elastis ini akan membuat jembatan tidak mengalami getaran yang terlalu kuat. Begitu ada tekanan kuat dari atas, keseimbangan akan didapatkan.Karet yang digunakan sebagai bantalan penyangga juga sangat kuat dan tidak mudah rusak. Itulah kenapa struktur dari bantalan disatukan dengan jembatan dan kalau sampai diganti butuh melepas bagian jembatan termasuk beam atau balok untuk menyangga bagian atas. Namun, kalau tidak rusak bisa dipakai sampai puluhan tahun.
  4. Bisa Menyesuaikan Pergerakan Horizontal
    Saat kendaraan bergerak dengan sangat cepat dan jumlahnya ada banyak, berat atau beban yang akan diterima oleh jembatan konstan. Artinya akan ada terus dan kemungkinan terjadi gerakan juga besar. Dua hal ini akan sangat berbahaya pada mega struktur jembatan karena bisa memicu terjadinya kerusakan yang sangat besar.Adanya bantalan penyangga yang terbuat dari karet yang diberi lempeng logam di dalamnya membuat pergeseran tidak merusaka jembatan. Karet yang digunakan mungkin akan mengalami perubahan bentuk untuk sementara. Namun, begitu beban dan pergerakan tidak ada di bagian tas, bantalan akan kembali ke bentuk semula.
  5. Tahan dengan Air dan Suhu
    Karena struktur jembatan yang menggunakan bantalan ini banyak ditemukan di sekitar selat atau kawasan perairan, fungsi anti air harus tetap ada. Bahan karet yang digunakan sangat kuat dan kemungkinan rusak karena air kecil. Apalagi saat hujan deras atau ada badai, tidak ada pengaruh besar yang akan memengaruhi keseimbangan struktur.Selain tahan dengan air, perubahan suhu tidak akan memengaruhi fungsi dari bantalan selama masih pada batas normal. Asal suhu tidak lebih rendah dari -40 °C atau lebih tinggi dari 60 °C, tidak akan ada perubahan pada fungsi yang akan terjadi.
  6. Tidak Mudah Rusak dan Penggunaannya Lama
    Ada beberapa alasan yang membuat bantalan jembatan dari karet berisi lempeng logam ini digunakan pada banyak struktur jembatan. Pertama karena tidak mudah mengalami kerusakan. Bisa dibayangkan kalau karet mudah rusak dan penggantian harus mengangkat struktur atas dari jembatan.Selanjutnya penggunaannya juga untuk waktu yang sangat lama. Seperti yang kita tahu kalau jembatan biasanya memiliki waktu pakai sampai puluhan tahun. Selanjutnya pengecekan harus dilakukan untuk melihat apakah masih layak pakai atau tidak.

Laminated Bearing Pad sangat berguna untuk struktur jembatan yang besar dan memiliki sedikit kemiringan pada tanahnya. Dengan bagian sambungan siar muai di atasnya, beban yang sangat berat dari kendaraan besar bisa diakomodasi dengan baik. Beban akan diterima mega struktur lalu dilanjutkan ke penyangga agar terbagi dan tidak merusak bangunan.

Bantalan jembatan tipe Laminated Bearing Pad masih memiliki kemungkinan kerusakan kalau pemasangannya tidak benar atau beban yang diterima berlebihan dan terus-menerus. Itulah kenapa pengecekan rutin harus dilakukan untuk mengetahui apakah bantalan masih bekerja dengan baik atau tidak.